Minggu, 28 Maret 2021

Hunian Terasa Sumpek? Lakukan 3 Hal Mudah Ini

Untuk kaum muda, tinggal di hunian berupa apartemen wilayah BSD memang merupakan kebanggaan tersendiri. Ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga mudah dibersihkan, pastinya menjadi salah satu alasan mengapa banyak yang memilih apartemen dibanding rumah.



Meskipun begitu, tinggal di apartemen tidak selalu mudah, ada beberapa hal yang juga pastinya menjadi masalah tersendiri bagi penghuninya. Salah satunya adalah ruangan yang pengap dan sumpek karena ukuran hunian yang dapat dikatakan lebih kecil dibanding lainnya. Tak melulu AC yang menjadi jalan keluar ketika masalah ini terjadi, namun ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1.      Gunakan serap air

Serap air merupakan produk yang didesain untuk menyerap kelebihan air di udara. Produk ini berisi butiran bahan kimia yang berbentuk padat, yang mana dapat berubah menjadi gel setelah menyerap air yang berada di udara. Cara menggunakannya sangatlah mudah, kamu hanya perlu membuangnya saja ketika semua butiran menjadi gel. Dengan menggunakan produk ini, ruanganmu akan terhindar dari rasa pengap.

2.      Warna putih

Percaya atau tidak, warna putih dipercaya dapat membuat ruangan menjadi terlihat lebih cerah dan juga segar hal ini dikarenakan rasa pengap tidak selalu diakibatkan oleh aliran udara namun juga visual. Jika ruangan diberikan warna yang asal dan tidak cocok, maka ruangan dapat memberikan kesan pengap. Maka dari itu, cobalah untuk menggunakan banyak warna putih di hunianmu demi mendapatkan suasana yang menyegarkan dan tidak pengap.

3.      Penataan ruangan yang tepat

Penataan ruangan yang berantakan tentu saja akan membuat ruangan menjadi tidak nyaman dan juga sumpek, bukan hanya terlihat tidak rapi, penataan ruangan yang tidak tepat juga bisa saja menghalangi aliran udara yang seharusnya bergantian untuk masuk dan keluar. Maka dari itu, bijaklah dalam menata barang-barang di hunian agar tidak terlihat berantakan dan juga pengap.

4.      Pajang hiasan seperlunya

Ruangan tentunya akan terasa sepi tanpa pajangan. Untuk itu, pajanglah patung, hiasan, atau tanaman hias yang kamu miliki seperlunya. Pajang maksimal dua patung dan dua lukisan. Kamu dapat menyusun tanaman hias dengan memakunya ke dinding. Tanaman hias dapat membantu pengaturan sirkulasi udara karena sifatnya yang menyerap karbondioksida dan memberikan oksigen.

5.      Perhatikan kebersihan kamar

Hal yang paling utama adalah kebersihan kamar. Kamar yang kotor dan berantakan tentu saja dapat memberikan kesan pengap dan sumpek sehingga membatasi kamu dalam berkegiatan. Maka dari itu, rajinlah untuk membersihkan dan juga merapikan ruanganmu agar tidak sumpek.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hunian yang kamu miliki tidak terasa pengap dan sumpek sehingga kenyamanan pun selalu terjaga untuk setiap penghuninya.

0 komentar:

Posting Komentar