Sabtu, 26 Desember 2020

Kesalahan-kesalahan Fatal ketika Menulis Surat Lamaran kerja

Ternyata sampai saat ini masih banyak calon pelamar kerja yang salah dalam penulisan surat lamaran kerja. Pernahkah Anda menyadari hal ini ketika tidak kunjung mendapat panggilan dari perusahaan tertarget? Sering mengirim surat lamaran di portal lowongan kerja online tetapi tidak ada yang berjalan sesuai keinginan. Nah, mungkin saja ada banyak kesalahan yang Anda buat ketika menulis dokumen tersebut.


Format surat maupun kalimat yang digunakan para pelamar kerja memang tidak boleh asal-asalan, karena harus dipilih dengan baik serta tidak menyalahi aturan perusahaan tersebut. Bagi Anda yang sedang melamar kerja di suatu perusahaan, seharusnya mampu menghindari kesalahan-kesalahan fatal berikut ini ketika menulis surat lamaran pekerjaan.

Beberapa Kesalahan Ketika Menulis Surat Lamaran Kerja


Ingin cepat mendapat panggilan kerja dari perusahaan impian? Maka Anda wajib menghindari kesalahan-kesalahan dalam penulisan surat lamaran pekerjaan di bawah. Jangan lupa mengingatnya dengan benar!

1. Salah Menulis Nama Perusahaan


Setiap pelamar kerja merupakan seorang manusia yang bisa kapan saja melakukan kesalahan, seperti salah menulis nama perusahaan di surat lamaran yang dibuatnya. Hal ini mungkin saja terjadi ketika Anda ingin bergabung dengan perusahaan “X” tetapi malah keliru menulis nama perusahaan “Y” dalam tujuan surat tersebut. Walau tampak sepele, kesalahan penulisan nama perusahaan dapat berakibat cukup fatal apabila kedua perusahaan saling bersaing.

Saran kepada para pelamar kerja, sebelum mengirim surat lamaran pekerjaan pastikan Anda sudah menulis nama perusahaan yang dituju dengan benar. Kesalahan seperti keliru dalam menulis nama perusahaan seharusnya dapat dihindari karena cukup sepele.

2. Lupa Menjelaskan Posisi Pekerjaan yang Diinginkan


Biasanya sebuah perusahaan besar akan membuka lowongan di beberapa posisi sekaligus, dan hal yang harus dijelaskan para pelamar kerja adalah posisi pekerjaan yang diinginkan dalam dokumen tersebut. Namun sayangnya, kebanyakan dari calon pekerja lupa menjelaskan hal tersebut sehingga perusahaan menganggap surat lamaran yang diterimanya adalah sekedar iseng dan bukan untuk serius.

Pelamar kerja pemula merupakan oknum yang sering melakukan kesalahan ini. Paling tidak, ketika melamar Anda harus tahu posisi dan job desc yang akan diisi di perusahaan tersebut. Untuk mengurangi kesalahan ini, para pelamar kerja bisa melakukan survey terhadap pekerjaan yang perusahaan maupun pekerjaan yang diinginkan.

Kepada Anda sekalian yang sedang mencari pekerjaan, sebaiknya sejak awal sudah mengetahui posisi yang akan dilamar. Kemudian dengan spesifik menuliskan posisi tersebut pada surat lamaran pekerjaan yang dikirimkan.

3. Tidak Melampirkan Pas Photo


Surat lamaran yang Anda buat sebagus apapun itu, tidak akan berguna apabila tidak melampirkan pas photo. Mengirimkan berkas surat lamaran wajib melampirkan foto terbaru yang menjadi syarat utama dari setiap perusahaan. Biasanya, pihak perusahaan akan meminta masing-masing pelamar melampirkan beberapa foto diri terbaru dalam ukuran yang sudah ditetapkan. Sebagai pelamar kerja, Anda bisa menyesuaikan ketentuan pihak perusahaan ketika mengirim lamaran.

Sebaiknya dalam surat lamaran Anda nantinya tidak menggunak pas photo ketika menempuh pendidikan di perguruan tinggi ataupun sekolah. Tampillah dengan profesional menggunakan blazer atau jas dan berambut rapi sambil tersenyum. Karena pihak perusahaan yang menerima surat lamaran dapat melihat gambaran diri para pelamarnya dari foto tersebut.

4. Tidak Menulis Surat Lamaran dengan Komputer


Biasanya format surat lamaran pekerjaan profesional diminta untuk ditulis menggunakan komputer. Jangan pernah mencoba mengirim surat lamaran yang ditulis dengan tangan sendiri, kecuali jika syaratnya memang seperti itu. Komputer yang digunakan dapat membuat rapi surat lamaran pekerjaan Anda, dan secara tidak langsung perusahaan akan tahu bahwa calon pelamarnya mampu mengoperasikan komputer dengan baik.

Itulah sedikit banyak kesalahan-kesalahan fatal ketika menulis surat lamaran kerja para pemula. Semoga Anda dapat lebih cepat menghindari kesalahan penulisan di atas.

Deskripsi: Surat lamaran kerja harus ditulis dengan baik dan benar. Dan sebagai calon pelamar kerja, Anda harus mampu menghindari beberapa kesalahan penulisan berikut.

0 komentar:

Posting Komentar